Tuesday, July 20, 2010

Cahaya dalam Kegelapan


Malam ini seperti biasa aku pergi ke rumah temanku untuk Persekutuan Doa(PD). Setelah PD aku pulang ke kost ku (ya iyalah.. masa nginep? hahaha). Karena kaca helm ku gelap, selama perjalanan aku buka kaca helm tersebut. Tetapi karena banyak debu dan asap kendaraan yang mengganggu, aku putuskan untuk menutup kaca helm ku itu. Saat aku mengemudi dalam kondisi lebih gelap itu, aku baru menyadari bahwa lampu-lampu jalan, lampu-lampu kendaraan tampak lebih bagus daripada saat aku membuka kaca helm ku. Lampu-lampu tersebut juga tampak lebih indah daripada saat lampu tersebut menyala di siang hari. Betul??

Selama perjalanan aku merenung. Kenapa lampu yang sama bisa tampak lebih indah di malam hari daripada siang hari. Kenapa lampu yang sama pada malam yang sama bisa tampak lebih indah saat aku menutup kaca helm ku daripada saat aku membukanya? jawabnya cuma satu. karena gelap. Gelap membuat lampu tampak semakin bersinar. Semakin gelap keadaan di sekitarnya, lampu tersebut akan tampak semakin jelas dan indah.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, terang atau gelap adalah keadaan kita. Semakin gelap kondisi kita itu berarti semakin banyak masalah yang kita hadapi. Cahaya lampu merupakan berkat Tuhan yang senantiasa menyinari kita. Saat kita berada dalam keadaan yang nyaman, dimana kita hanya menghadapi masalah yang sederhana, seringkali kita merasa berkat Tuhan itu biasa-biasa saja. Tetapi, saat kita menghadapi masalah besar yang sangat berat dan kita berhasil melaluinya bersama Dia, kita dapat merasakan begitu hebat dan indahnya berkat Tuhan tersebut.

Ya... Untuk itulah masalah itu ada. Masalah ada supaya membentu kita menjadi manusia yang lebih baik lagi. Masalah ada untuk membuat kita lebih dewasa. Dan yang terpenting, masalah ada supaya kita selalu ingat pada Tuhan Sang Pencipta kita. Dengan adanya masalah, kita dapat benar-benar berharap padaNya dan setelah berhasil menghadapi masalah tersebut, kita pasti dapat merasakan betapa indahnya kasih Tuhan itu. Semakin besar masalah yang berhasil kita lalui bersamaNya, pasti semakin indah pula berkat Tuhan kita rasakan.

Kegelapan ada supaya CAHAYA bisa tampak lebih terang dan indah.


Berkat Tuhan itu selalu indah. Tidak pernah Tuhan memberikan kepada kita sesuatu yang jelek. Hanya saja terkadang kita tidak merasakannya karena kenyamanan kita (keadaan terang) dan masalah (kegelapan) yang kita hadapi adalah salah satu sarana bagi kita untuk selalu ingat akan indahnya kasih Tuhan tersebut.
Jadi, janganlah takut dalam menghadapi masalah(kegelapan) dalam hidup kita karena semakin besar masalah kita (semakin gelap), semakin besar pula berkat Tuhan (cahaya) itu kita rasakan. Amin.




-Nyo-

5 comments:

Nice Post Ko^^

Absolutely correct
Tama..^^v

Mari nyalakan cahaya IMAN kita di saat kegelapan tiba

Be blessed :)

Tetap mendekat padaNya shg cahaya hidup kita tidak mati :D...great article son*_^

ckckckck, ga nyangka koko satu ini cukup pandai berfilsafat two thumbs up deh...^^

@anonymous : tq ya.. btw, sapa ni??