Saturday, June 9, 2012

Bandeng Presto


Ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang lezat. Ikan ini disukai karena rasanya yang gurih dan tidak mudah hancur bila dimasak. Namun, dibalik kenikmatan dagingnya, ikan ini memiliki banyak sekali duri yang susah sekali dipisahkan dari dagingnya.
Salah satu cara untuk mengatasi duri ini adalah dengan mengolah ikan bandeng ini menjadi bandeng presto. Seperti yang kita ketahui, dengan di presto, duri yang mengganggu ini menjadi sangat lunak sehingga kita dapat menikmatinya tanpa harus terganggu dengan tulang dan durinya.

Namun, apakah kita pernah mengetahui bagaimana bandeng presto ini dibuat?
Bandeng presto dibuat dengan menggunakan pressure cooker, alat masak yang bekerja dengan cara memberikan tekanan yang tinggi. Tekanan ini telah diatur sedemikian rupa sehingga tulang dan duri bandeng bisa menjadi lunak tetapi tidak sampai merusak daging dari ikan tersebut.

Teman, sadarkah kita, bahwa kita ini seperti ikan bandeng tersebut? 
Mungkin di dalam hidup kita ini, banyak sekali "tulang dan duri" yang dapat membuat hidup kita menjadi tidak menyenangkan bagi Tuhan.
"tulang dan duri" ini dapat berupa macam-macam, seperti kesombongan, hawa nafsu, emosi, iri hati, tidak mengandalkan Tuhan, dll.. 

Karena "tulang dan duri kehidupan" kita ini mengganggu, maka seringkali kita diproses oleh Tuhan dalam sebuah "pressure cooker kehidupan" yakni sebuah kondisi hidup yang penuh tantangan, masalah, tekanan, dll, yang seringkali kita rasa  terlalu berat dan tidak mampu kita hadapi. 
Tetapi kita perlu tau, bahwa tingkat tekanan/pressure dalam "pressure cooker kehidupan" ini sudah Tuhan atur sedemikian rupa, sehingga tekanan tersebut tidak melebihi batas kemampuan kita, akan tetapi cukup kuat untuk melunakkan duri kehidupan kita. Cukup kuat untuk melunakkan ego kita, kesombongan kita, hawa nafsu kita, dll.

1 Kor 10 : 13
"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

So... 
buat teman-teman yang saati ini mengalami berbagai macam tekanan dalam hidup, janganlah menyerah karena segala tekanan itu tidak akan melebihi batas kemampuan kita. Manfaatkan momen ini untuk merenung dan mencari tau.. "tulang dan duri" kita yang mana yang mau Tuhan lunakkan di dalam hidup kita.

Jalani semua itu dengan ketekunan, kesabaran, melalui kerja keras dan doa, sehingga kita dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang lebih kuat, terlebih lagi menjadi pribadi yang dapat membuat Tuhan kita bahagia.
GBU 



-nyo-

0 comments: