Thursday, May 8, 2008

virus: why always me???

Virus. Nama ini sekarang lagi beken di kalangan pengguna komputer, utamanya para pengguna awam. kalau komputer terkena "gangguan", selalu yang ada dalam pikiran kita adalah virus. Sedikit2 virus... sedikit2 virus.. padahal, gangguan tersebut belum tentu virus. bisa berupa worm, trojan, spam, spyware, dll.

Supaya kita ngga selalu mengkambing hitamkan virus, berikut adalah list beberapa gangguan pada komputer :

1. Virus

Virus adalah kumpulan kode program yang memiliki kemampuan untuk mereproduksi diri sendiri dan terdiri dari kumpulan kode yang mampu mengifeksi/memodifikasi target kode yang sedang dijalankan, dan atau dapat memodifikasi struktur internal target kode, sehingga target kode dipaksa menjalankan virus (autorun). Virus memiliki kemampuan reproduksi dengan cara menginfeksi program lain (menjadi parasit) dan bisa juga dengan cara mereplikasi diri


2. Worm

Worm adalah kumpulan kode program yang memiliki kemampuan untuk mengkopi dirinya sendiri ke HANYA memory komputer. Berbeda dengan virus, Worm bereproduksi tidak dengan cara infeksi tetapi dengan cara menggandakan diri (self copy) dan biasanya tidak bersifat polymorphic (berubah-ubah), sehingga mudah dideteksi oleh antivirus maupun removal. Worm dianggap lebih canggih dari virus karena worm diprogram seolah-olah memiliki kecerdasan buatan yang bisa menganalisa titik lemah sistem sebuah PC dan menyerangnya.

3. Spam

Spam adalah aktivitas mengirim surat elektronik (e-mail) kepada alamat e-mail seseorang atau newsgroup tanpa persetujuan dari penerima. Spam bisa juga didefinisikan sebagai aktivitas posting (pengiriman) berita atau iklan yang di luar topik yang sedang dibicarakan dalam sebuah newsgroups.

4. Trojan

Trojan atau sering disebut trojan horse, nama ini diambil dari nama kota dalam sebuah dongeng yunani. Untuk rincian ceritanya tonton aja film Troy. Trojan merupakan malware yang biasanya disisipkan di program lainnya, misalnya dalam program game, jaman dahulu trojan ini digunakan oleh beberapa developer software untuk menghindari pembajakan dengan cara menyisipkan malware (kode merusak) kedalam tubuh software (program induknya) lalu dengan code copy protection sebagai pemicu, trojan ini bisa aktif dan siap merusak komputer kapan saja. Berbeda dengan worm dan virus trojan tidak menyebar (reproduksi) seperti halnya virus dan worm. Karena biasanya trojan dibuat sebagai special purpose (malware dengan tujuan khusus).

Semoga info ini berguna buat teman2. Dan.... semoga virus tidak lagi menjadi kambing hitam jika komputer kita bermasalah.

O iya... jika ada yang kurang atau salah... ditunggu comment nya.. tq..

GBU

-nyo-


0 comments: