Monday, November 23, 2009

2012 : Pemasaran ditengah Penasaran

Tahun 2012. Ya, tahun tersebut sekarang sedang lagi ngetop-ngetopnya atau berada di puncak popularitas. Hampir semua orang tau tahun tersebut. Tahun ini begitu populer karena ada suatu hal besar yang diramalkan akan terjadi pada tahun tersebut, yaitu KIAMAT.

Isu kiamat akan terjadi pada tahun 2012 saat ini menjadi pembicaraan yang panas. Seluruh kalangan masyarakat saat ini membicarakan hal tersebut. Pro dan kontra mulai bermunculan seputar isu kiamat ini. yang kontra mengatakan bahwa kiamat adalah rencana TUHAN yang tidak dapat manusia ketahui kapan akan terjadi. Yang pro dengan isu ini berusaha mengungkapkan alasan-alasan disertai dengan data-data(alasan??) yang mendukung pernyataan mereka, seperti :
1. kalender suku maya yang katanya berakhir pada tanggal 21 Desember 2012.
2. isu siklus matahari yang menyebabkan pergeseran kutub bumi yang memuncak pada tahun 2012
3. tumbukan asteroid besar yang akan terjadi tahun 2012
4. Ramalan Mama Loren yang mengatakan bahwa dia tidak dapat menerawang lebih dari tahun 2012 (rasanya khusus di indonesia. hehehe).
5. dll, dll

Saat isu kiamat tahun 2012 ini sedang panas-panasnya dibicarakan, bulan november ini diputar film yang mengangkat isu kiamat ini, yaitu film 2012 yang disutradarai oleh Roland Emmerich. Film 2012 ini menampilkan gambaran akan datangnya hari kiamat dengan munculnya musibah-musibah besar di dunia dan kisah beberapa orang yang selamat dari musibah tersebut.

Begitu film ini ditayangkan di bioskop2, orang-orang yang tengah penasaran mengenai kiamat ini langsung menyerbu untuk menonton. Seperti di surabaya misalnya. Meskipun di surabaya terdapat banyak bioskop dan tiap bioskop membuka beberapa studio untuk film ini, selalu penuh oleh penonton. Antrian di loket sangat panjang tiap harinya. Sampai sampai sering terlihat informasi di loket bahwa tiket film 2012 untuk hari itu sudah SOLD OUT alias habis terjual untuk SEMUA JAM TAYANG. Hal ini menunjukkan begitu antusiasnya masyarakat untuk melihat bagaimana kiamat yang digambarkan oleh film tersebut.

Dari hal tersebut, aku melihat sebuah strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan film ini. Saat orang-orang sedang hangat-hangatnya membicarakan mengenai kiamat tahun 2012, peluncuran film ini membuat penasaran semua kalangan masyarakat (termasuk aku yang sampe saat ini belum nonton. T^T). Banyak orang yang tidak suka atau jarang menonton bioskop pun dibuat penasaran terhadap film ini. Ngga heran kalau hampir tiap hari tiket selalu habis terjual. Bahkan menurut temanku, ada yang rela mengantri bahkan sebelum mall buka hanya demi mendapatkan tiket film 2012 ini.

Isu pencekalan film 2012 di Indonesia oleh MUI juga merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya antusiasme masyarakat untuk menonton film ini. Mungkin sebagian masyarakat ada yang ingin cepat-cepat menonton sebelum film 2012 ini dicekal, atau mungkin juga orang yang semula tidak berminat untuk menonton film ini menjadi penasaran kenapa film ini sampai mau dicekal. Rasa penasaran ini yang mendorong mereka untuk menonton.

Yah... Mungkin dalam beberapa waktu ke depan, kiamat akan terus menjadi suatu topik pembicaraan yang hangat. Ditambah lagi bencana-bencana yang terus terjadi di bumi ini akan terus membangkitkan pemikiran masyarakat mengenai kiamat. Tapi, jangan sampai film ini mempengaruhi pemikiran kita mengenai kiamat. Kiamat akan terjadi pada waktunya nanti. Tapi kapan dan bagaimana kiamat itu hanya Tuhan yang tau. Kita tidak mungkin dapat mengetahuinya. Jadi buat apa kita pusing memikirkannya? ataupun takut menghadapinya? Yang penting sekarang ini, kita selalu mempersiapkan diri kita dengan selalu hidup di jalan Tuhan, selalu berbuat baik dan mematuhi segala perintahNya. Sehingga jika benar kiamat terjadi, kita sudah siap menghadap di hadiratNya. Amin....



-nyo-

0 comments: