Friday, October 2, 2009

Wong Sewu Batikan

Wong sewu batikan....

Yeah... itulah acara yang diadakan oleh Universitas Ciputra (UC) untuk menyambut diresmikannya batik sebagai budaya Indonesia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 2 Oktober 2009, hari ini.
Akhirnya batik jadi budaya kita *kembali* setelah sempat di klaim oleh tetangga kita.

Pada hari ini, seluruh rakyat Indonesia dihimbau untuk mengenakan batik.
Mulai dari pegawai kantoran sampai penjual es krim
semuanya menggunakan batik untuk menunjukkan rasa cinta pada budaya Indonesia. btw, kok fotonya gw semua ya?? >:)

Kembali ke acara wong sewu batikan... Seperti nama acaranya, pada hari ini semua warga UC baik dosen, staff, mahasiswa, helper, nyamuk, kucing, de el el mengenakan batik. Dan.... pada jam 12 siang tadi, semua warga UC mengadakan foto bersama di halaman kampus. Dengan koordinasi yang baik, batikers berdiri di halaman membentuk logo ciputra dan kemudian difoto dari lantai 5 gedung Universitas Ciputra.

Foto oleh : Ferryanto Chia



setelah itu, batikers dikumpulkan di sekitar gedung kampus dan difoto kembali sambil melambai-lambaikan tangan.. jadi artis sehari... difoto melulu... hahahahaha....

foto oleh : Ferryanto Chia


Ngga mau kalah dengan modelnya yang memakai batik, para wartawan dadakan (denger2 ada wartawan beneran si) juga ikutan berbatik ria meskipun ngga semua dari mereka menggunakan batik.
Foto para wartawan dadakan

Yah itulah salah satu acara mengenai budaya kita yang diadakan oleh Universitas Ciputra. Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa banyak nya. Sayang, seringkali kita melupakan atau mengabaikan budaya yang ada dan lebih tertarik oleh budaya2 modern.
Pertanyaan buat kita sekarang, apa kita harus menunggu budaya kita "dirampok" oleh bangsa lain baru kita akan peduli terhadap budaya bangsa ini??

pssttt... rumor yang beredar, bulan depan UNESCO akan meresmikan koteka sebagai budaya bangsa Indonesia.. so, kalau rumor itu benar... siap berkoteka ria untuk menyambutnya?????

-nyo-

0 comments: